.

BMKG Gelar Workshop Sekolah Lapang Geofisika di Aceh Jaya

Kategori : Umum Selasa, 18 Juni 2019 - Oleh admin

CALANG – Badan Meteologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) Aceh, laksanakan workshop Sekolah Lapang Geofisika di Kabupaten Aceh Jaya, Senin, (17/6/2019). Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu dilaksanakan di Aulatorium Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Jaya

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG pusat, Rahmat Triyono, disela acara workshop tersebut mengatakan, bahwa Kabupaten Aceh Jaya salah satu Kabupaten di Aceh yang paling parah di terjang gempa dan Tsunami tahun 2004 silam.

Pihaknya berharap dengan adanya pelaksanaan kegiatan ini, nantinya para peserta mampu mengenal gempa yang berpotensi tsunami dan juga dapat bekerja sama dalam memberikan akses informasi kebencanaan kepada masyarakat luas di Aceh Jaya.

“Sekarang ini, gempa-gempa dalam skala kecil terus terjadi. Gempa seperti ini tidak terdeteksi oleh manusia secara manual dan membutuhkan alat deteksi khusus untuk mengetahuinya.


Dan dalam kegiatan ini kita akan menjelaskan kepada peserta terkait bentuk-bentuk gempa serta potensi kejadian pasca gempa tersebut,” tutur rahmat.

Sementara, Sekda Aceh Jaya, H. Mustafa , menyampaikan apresisasi dan terima kasih kepada BMKG Pusat dan Aceh, yang telah melaksanakan kegiatan ini pertama di Aceh, yang dilaksanakan di kabupaten kita ini.

Menurutnya kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi peserta yang hadir mewakili seluruh elemen masyarakat yang mengikuti workshop sekolah lapang geofisika tersebut. Nantinya akan akan menjadi sarana informasi kebencanaan serta tatacara penanggulangannya bagi peserta.

“Tentu kita berharap dari pelaksanaan kegiatan ini menjadi sarana informasi yang akurat dan cepat bagi masyarakat seningga memudahkan pemeritah daerah dalam mengakomodir informasi kebencanaan,” kata Mustafa .

Workshop sekolah lapang geofisika BMKG di hadiri peserta dari perwakilan Media, Kepala Sekolah SMA, SMK, SMP, MTsN, Unsur Organisasi RAPI, PMI, F-PRB, TAGANA, BSA dan juga di hadiri Kepala Pos SAR, Kadis Kesehatan, Kadis Perhubungan Aceh Jaya serta Unsur Polsek dan Koramil Krueng Sabee. (**)